Loading...

Berita

Beranda / Tim Kami

Gen Survey ke Entikong Kalbar

Generasi Emas Nusantara

Hari kamis 5 mei 2016, tujuh orang pemuda memulai pertama kali kegiatan Generasi Emas Nusantara untuk survey lokasi yang dimana akan dijadikan lokasi binaan Generasi Emas Nusantara. Dengan biaya dari masing masing saku anggotanya Generasi Emas Nusantara berangkat menuju Kecamatan Entikong, Kalimantan Barat. Perjalanan menuju Kecamatan tersebut dari Bandara Supadio Pontianak membutuhkan waktu 8 jam perjalanan. Sesampainya disana Generasi Emas harus bermalam dulu karena waktu sudah menunjukan angka 9 malam dan akan melanjutkan perjalanan lagi besoknya. Perjalanan di hari kedua membutuhkan waktu 5 jam menggunakan sepeda motor menuju desa Badat Baru.Kedatangan Generasi Emas di iringi hujan yang deras dan suhu yang dingin. Tidak sedikit diantaranya terjatuh dari motor karena kontur jalan yang dilalui motor menanjak dan berlumpur.Sesampainya disana Generasi Emas disambut oleh kepala dusun dan dipersilahkan tinggal untuk 3 hari dirumahnya.


Dusun yang di survey berjumlah empat dusun yakni Dusun Badat baru, badat lama, gun jemak dan gun tembawang. cuaca yang ekstrim dingin karena berada diatas pegunungan tidak membuat Generasi Emas berhenti melakukan kegiatan mereka. Jarak antar dusun harus melalui gunung dengan perjalanan 1 - 3 jam jarak dari satu desa ke desa lainnya. Akses yang sulit pun dilewati seperti melewati hutan belantara dan mendaki pegunungan yang searah dengan rute ke negara Malaysia.


Masyarakat di setiap dusun sangat ramah dan menerima sekali kehadiran kami yang berasal dari luar dusun mereka. Kerukunan setiap warganya masih sangat terjaga terlihat setiap bertemu orang masih saling menyapa dan bertanya kabar walau setiap hari bertemu. Akses yang sulit membuat pendidikan di dusun dusun tersebut menjadi sangat kurang kualitasnya terutama jumlah guru yang tidak memadai. Akses jalan juga membuat masalah dalam urusan lauk dan pauk karena mereka harus turun ke kecamatan entikong pusat selama 12 jam bila menggunakan perahu.


Generasi Emas nusantara bertekad mengajak orang orang yang peduli terhadap pendidikan di Entikong khususnya dusun Badat baru, badat lama, gun jemak dan gun tembawang. selain itu merencanakan konsep desa mandiri agara kebutuhan di dusun dusun tersebut lebih mudah didapatkan karena diolah sendiri.